Thursday, October 7, 2010

"MDGs Tak Akan Tercapai Tanpa Kemudahan Akses Obat"


CIKARANG - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih sangsi jika tujuan pemerintah untuk menekan kemiskinan sebagai pencapaian Millenium Development Goal's (MDGs) dapat terwujud jika pada kenyataannya masih besarnya disparitas di bidang kesehatan seperti sulitnya masyarakat dalam memperoleh akses obat-obatan.



"Pencapaian MDGs tidak akan terwujud tanpa tersedianya akses yang memadai terhadap obat-obat esensial," ujarnya usai meresmikan pabrik pengemasan obat di Cikarang (Selasa 5/10/2010).

Obat-obat esensial yang dimaksudkan Menkes adalah terutama obat yang digunakan pada program kesehatan ibu, anak dan pengendalian penyakit.

Menurutnya penurunan angka kematian ibu menjadi 102 per 100 ribu kelahiran anak sesuai dengan target MDGs membutuhkan akses obat dalam upaya pertolongan persalinan ibu.

"Tersedianya akses ini berarti terjaminnya ketersediaan, pemerataan dan keterjangkauan obat beserta aspek keamanan, khasiat dan mutu sehngga upaya pelayanan kesehatan dapat berjalan optimal," ujarnya.
Dikatakan oleh Menkes, bahwa ketersediaan terhadap obat dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu harga obat, pembiayaan yang berkelanjutan, penggunaan obat yang rasional, serta sistem pelayanan kesehatan dan sistem suplai.

Karena itulah Menkes sangat mendukung upaya untuk optimalisasi industri di Indonesia yang juga dapat menjadi farktor terpenting dalam ketersedian akses obat kepada masyarakat, sebagai upaya pencapaian MDGs.(adn)(rhs)
okezone.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews