Monday, March 31, 2014

Ikan Bandeng Gurih, Lezat dan Bergizi


Oleh: Mohammad Danial Bangu
Ikan Bandeng selain sangat lezat dimakan setelah digoreng atau dibakar, ternyata terkandung banyak khasiat. Tak kalah dengan hasil laut lainnya, ikan Bandeng dinikmati sebagai makanan karena rasanya yang gurih, tidak amis, tidak asin seperti ikan laut lainnya.

Dalam keluarga kami, Ibu saya paling suka memasak berbagai jenis ikan untuk menu makanan keluarga, baik pagi siang atau malam. Biasanya segala jenis ikan, termasuk ikan Bandeng disuguhkan Ibu dengan sayur mayur yang makin menggugah selera makan.

Maka saat jauh dari rumah dan sering makan di rumah makan atau restoran, saya paling suka memesan lauk dari jenis ikan Bandeng yang memang enak dan gurih lagi bergizi. Ikan Bandeng yang berasal dari laut dan dari sungai, sebenarnya sama-sama lezat, hanya saja untuk menghilangkan bau tanah atau lumpur pada ikan Bandeng yang berasal dari sungai, diantaranya dengan menggunakan jeruk nipis setelah dibersihkan.

Banyak juga industri rumahan di Indonesia yang telah mengolah ikan Bandeng menjadi krupuk, bahkan duri ikan Bandeng yang biasanya dibuang, diolah menjadi krupuk yang kriuk dan nikmat. Tercatat industri krupuk dari berbagai jenis ikan juga telah menembus pasar internasional, yang tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim dengan luas lautan mencapai 5,8 juta kilometer persegi.

Ikan Bandeng menjadi bagian dari keanekragaman hayati yang berasal dari perairan Indonesia yang teramat kaya, anugerah dari Allah SWT untuk dinikmati dengan rasa syukur.

Rumah Makan Torani yang juga menyajikan berbagai menu ikan Bandeng dari yang bakar dan goreng, membuat saya tergiur untuk mencoba mencicipi. Dengan harga yang memang tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, Rumah Makan Torani perlu untuk dicoba berbagai masakannya.   

Adapun kandungan gizi ikan Bandeng pada komposisi Nutrisi per 100 gram bandeng adalah kalori 129cal, protein 20g, lemak 4,8 g, kalsium 20 mg dan phospor 150mg. Selain itu ikan Bandeng termasuk ikan yang rendah kolesterol, dan mengandung protein yang tinggi. Kondisi ini membuat Bandeng mudah diserap dan baik untuk dikonsumsi manusia dari segala usia.

Hebatnya lagi ikan Bandeng juga mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini dapat mencegah pembekuan sel darah granul, mengandung zat besi 2mg, vitamin A 150 SI dan vitamin B1 0,05 mg disesuaikan berat ikan. Dan yang jelas, saya paling suka ikan Bandeng bakar dicicipi dengan sambel atau dabu-dabu :P

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews