Sunday, December 9, 2012

Masyarakat Jakarta Peringati Hari Anti Korupsi 2012 di Monas


JAKARTA, Berita HUKUM - Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh hari ini, Minggu (9/12), Komisi Pemberantasan Korupsi bersama masyarakat dan pemerintah terkait menyemarakkan dengan berbagai kegiatan yang digelar di area sisi tenggara Monas yang terletak di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Pada peringatan acara kali ini, antusias masyarakat terlihat pada semua sesi acara, yaitu quiz, senam sehat, fun bike gratis, games tendang koruptor, lomba melukis mural, lomba mewarnai (untuk anak TK), serta pameran-pameran tentang jepretan hasil karya anak-anak bangsa yang diabadikan dalam bentuk foto-foto.



Acara ini dimulai sejak 06:30 WIB dengan kegiatan "funbike" dan senam bersama. Ketua KPK Abraham Samad bersama Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, beserta sejumlah Menteri dari jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II, seperti Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abu Bakar, Menteri Komunikasi dan Informasi Tiffatul Sembiring serta aktivis antikorupsi lainnya juga tampak hadir dalam acara tersebut. 


Menurut Reni, salah satu pengunjug pada acara Anti Korupsi saat dikonfimasi pewarta BeritaHUKUM.com mengatakan, sangat bangga dan senang dengan diadakan acara dalam memperingati hari Anti Korupsi ini, karena selain untuk mengingatkan para koruptor agar jangan lagi berbuat memperkaya diri, kita juga merasa terpanggil dengan bersama-sama memberantas korupsi.

 
"Saya seneng banget mas dengan acara beginian, karena saya merasa terpanggil dengan mengajak warga di Indonesia untuk memberantas para koruptor," ujarnya, Minggu (9/12).

Acara ini digelar untuk mengingatkan betapa pentingnya untuk menjaga bangsa ini dalam melawan dan memberantas para koruptor yang ada di Negeri ini. Dikarenakan, hampir setiap hari masyarakat disuguhi berita tentang kasus korupsi yang selalu mendera bangsa ini. Selain itu, korupsi di Indonesia saat ini masih sangat subur dan menjadi malapetaka buat masyarakat kecil. Untuk itulah, dengan diadakan acara hari Anti Korupsi ini, semoga tikus-tikus koruptor dapat diberantas dan dienyahkan dari muka bumi ini.


 
Sementara itu, Indonesia Corruption Watch tengah menggerakkan sosialisasi di sekolah-sekolah, dengan penuh rasa peduli yang sangat tinggi agar besama-sama korupsi itu dapat diberantas. Tak hanya itu, untuk menggerakkan Anti Korupsi, dibuatlah sebuah website www.beranijujur.net. Di website itu kita bisa mengunduh dan mendownload lagu-lagu Anti Korupsi secara gratis sebagai bentuk kepedulian kita untuk melawan para koptor, serta kita juga bisa berbagi informasi kegiatan, aksi ,dan artikel dan lain-lainnya.




Adapun berbagai kegiatan collective action kampanye melawan korupsi HAKI tahun ini adalah sebagai berikut:

1. Youth Proactive Night (di Teater Salihara, yang diadakan pada (9/12), acara ini berisikan Stand Up Comedy Show dan Music Performances. Comics (stand up comedian) yang terlibat yaitu: Pangeran Siahaan, Adriano Qolbi, Kukuh Adi, Rindra Dana, dan Sammy. Music performances menampilkan Morfem dan Efek Rumah Kaca.

2. Youth Proactive Roadshow, berupa Roadshow di 5 kota (Makassar, Garut, Batang, Semarang dan Yogyakarta) pada (13-19/12). Roadshow ini memperluas kampanye ke anak muda usia SMA dan kuliah (15-24 tahun) di berbagai kota. Roadshow ini menampilkan stand up comedy (Pangeran Siahaan, Adriano Qolbi dan Kukuh Adi). Juga ada music performance dari Simponi (Pemenang Anti-Corruption Music Festival di Brasil), dan Workshop Integritas dan ngomong Politik-Ngompol yang berisikan diskusi interaktif dengan anak muda.

3. Pagelaran Teater dan Musikalisasi Puisi Antikorupsi bertajuk “Contagious” pada (15/12) di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara 4 komunitas teater yang ada di Jakarta, yang gelisah terhadap problematika korupsi. Komunitas teater ini akan menampikan cerita konflik keluarga yang muncul akibat praktek koruptif yang dilakukan oleh orang tuanya. Hal mana kemudian juga mempengaruhi nilai-nilai dalam keluarga.

4. Kampanye Integritas Menggunakan Mural dan Graffiti pada tanggal 7-8 Desember 2012 di 10 titik-titik strategis di Jakarta. 13 komunitas street art, pelukis individu dan kelompok pemuda kreatif akan berpartisipasi.

5. Pameran Mural Antikorupsi. Kegiatan ini lebih menekankan tentang kampanye nilai-nilai antikorupsi dalam bentuk artistik mural. Pameran seni mural ini akan di produksi pada (7-9/12), dan akan dipamerkan bersamaan dengan pagelaran teater.

6. Public Screening “Kemijen Bergerak” di Banjarbaru (9/12), Makassar (13/12). Kemijen Bergerak, karya Aryo Danusiri (Ragam) adalah sebuah film dokumenter tentang partisipasi aktif masyarakat dalam memantau pengadaan publik dan rasing awarness masyarakat tentang isu-isu korupsi di desa. Dengan menggunakan instrumen social audit, masyarakat desa mampu menjalankan fungsi kontrol terhadap pemerintah kota. Kelurahan Kemijen merupakan salah satu advokasi dan pemberdayaan Pattiro Semarang dan TII yang berlokasi di kota Semarang.

7. Pemutaran Film “Piagam Warga” bekerjasama dengan Eagle Institute di Metro TV pada (9/12). Film ini akan memberi kita sketsa kondisi kesenjangan akibat kurangnya perhatian dan kondisi korupsi di daerah-daerah di mana akses dan informasi terbatas. Sang sutradara memberikan gambaran saat warga membutuhkan sarana dan layanan kesehatan, dana APBD Pelayanan Kesehatan yang ternyata tidak sampai kepada masyarakat yang membutuhkannya.

8. Lomba Blog “Melawan Korupsi, Siapa Takut!” yang berlangsung dari September hingga 28 Oktober 2012. Dengan 82 peserta yang lolos verifikasi adminstrasi, maka telah terpilih 5 pemenang (2 kategori remaja, 2 kategori umum, dan 1 special mention juri). Inagurasi pemenang akan berlangsung pada tgl 9 Desember dalam peringatan HAKI 2012 secara nasional.

9. Pembuatan dan penayangan 2 PSA Radio Anti Korupsi. Untuk menjangkau generasi muda di Jakarta dan masyarakat umum di daerah, TI Indonesia dan VHR Media bekerja sama untuk mengembangkan PSA yang mempromosikan nilai-nilai kejujuran dan pentingnya partisipasi warga dalam memantau proses pembangunan yang dijamin Undang-Undang Kebebasan Informasi Publik. PSA tersebut ditayangkan dari tanggal 28 November-8 Desember 2012 di 5 radio swasta dan 1 jaringan radio komunitas.




Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi sedunia ini terlaksana atas kerjasama KPK, LSM antikorupsi, pekerja seni, serta elemen masyarakat lainnya, menandakan perjuangan bersama dalam rangka pencegahan dan menekan angka korupsi di Indonesia.

 
Terlihat stand-stand pendukung acara, terlihat ramai oleh kunjungan masyarakat untuk sekedar membaca-baca, bertanya dan mendapatkan informasi dari stand Ombudsman, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Transparency International Indonesia, Extractive Industries Transparency Initiative, www.beranijujur.net, Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan, Badan Pemeriksa Keuangan, Indonesian Corruption Watch, United Nations Office on Drugs and Crime, United Nations Development Programe, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Gerakan Pemuda Anti Korupsi.(bhc/opn)








Foto: bhc/mdb

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews