Thursday, September 2, 2010

Special Ministerial Meeting for MDGs

Review in Asia and the Pacific: Run Up To 2015

Wakil Presiden RI Boediono didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, saat memukul gong dimulainya acara

Special Ministerial Meeting for MDGs Review in Asia and the Pacific: Run up to 2015” telah secara resmi ditutup oleh Menteri Luar Negeri RI, (4/8) dan menghasilkan Deklarasi sebagai outcome pertemuan.

Deklarasi tersebut memuat tinjauan mengenai situasi saat ini di kawasan Asia Pasifik, baik keberhasilan maupun kendala pencapaian MDGs. Deklarasi juga memuat rencana tindak lanjut negara-negara di kawasan yang antara lain menggarisbawahi pentingnya stabilitas keuangan di kawasan, dukungan keuangan termasuk Official Development Assistance (ODA), adanya kebutuhan yang berbeda antar negara di kawasan, serta kerjasama yang  lebih erat di kawasan termasuk dengan lembaga internasional dan sektor swasta.

Dalam pidato penutupannya, Menlu RI antara lain menegaskan peran penting kawasan Asia Pasifik dalam pencapaian MDGs secara global sehingga dibutuhkan sebuah aksi bersama untuk menghadapi tantangan dan permasalahan yang ada.
Selama pertemuan, para peserta telah bertukar pikiran mengenai kondisi terakhir di kawasan, khususnya terkait dengan berbagai tantangan serta peluang dalam mencapai MDGs pada tahun 2015. Dalam kaitan ini, negara-negara Asia Pasifik juga memperkuat komitmen mereka untuk meningkatkan kerjasama guna menghadapi berbagai tantangan di kawasan,di antaranya melalui pendanaan inovatif dan kerjasama regional.

Selain menteri dan pejabat tinggi pemerintahan, pertemuan juga menghadirkan nara sumber dari lembaga internasional dan regional serta wakil dari civil society dan sektor swasta. Para pemangku kepentingan memanfaatkan pertemuan ini untuk menyamakan persepsi dan strategi pencapaian MDGs oleh Indonesia. Di sela-sela pertemuan telah dilakukan pula penandatanganan komitmen sektor swasta Indonesia dalam pencapaian MDGs.

Hasil dari pertemuan ini akan disampaikan kepada High Level Panel on MDGs bulan September 2010 di New York sebagai masukan dari kawasan Asia Pasifik terhadap pencapaian MDGs secara global, serta KTT G-20 bulan November 2010 di Seoul.(deplu).

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews