Monday, September 20, 2010

Sekjen PBB Membuka KTT MDGs


Internasional / Selasa, 21 September 2010 06:29 WIB
Metrotvnews.com, New York: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-Moon, Senin (20/9), membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Majelis Umum MDGs (sasaran pembangunan milenium). KTT itu akan berlangsung di Markas Besar PBB, New York, hingga Rabu.

KTT dihadiri oleh setidaknya kepala negara/pemerintahan 150 negara, termasuk Presiden AS Barack Obama, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Selain itu turut hadir Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Presiden Israel Shimon Peres, PM Australia Julia Gillard, PM Malaysia Najib Razak, PM Thailand Abhisit Vejjajiva, Presiden Vietnam Nguyen Minh Triet, PM China Wen Jiabao dan PM Jepang Naoto Kan.

Dalam KTT Majelis Umum organisasi dunia beranggotakan 192 negara itu, Indonesia diwakili oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Selama tiga hari, masing-masing pemimpin dunia secara bergiliran mendapat kesempatan menyampaikan pernyataan menyangkut delapan sasaran pembangunan yang harus dicapai dunia pada 2015 mendatang.

MDGs merupakan kesepakatan dunia untuk menanggulangi atau mengurangi kemiskinan, kelaparan, kematian ibu dan anak, penyakit, buta aksara, diskriminasi perempuan, penurunan kualitas lingkungan hidup serta kurangnya kerjasama dunia bagi pembangunan.

Masih bertempat di Markas Besar PBB, New York, KTT Majelis Umum MDGs itu akan diikuti dengan Sidang ke-65 Majelis Umum PBB pada 23-25 September dan 27-30 September.

Dalam rangkaian sidang tersebut, para pemimpin dunia biasanya menyampaikan pidato mereka dengan menyentuh isu-isu yang beragam, antara lain politik, keamanan, perdagangan dunia, perubahan iklim, peperangan, terorisme, dan kejahatan internasional.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kota New York selama rangkaian Sidang Majelis Umum diperkirakan akan diwarnai dengan pernyataan-pernyatan panas yang terutama dikeluarkan oleh Presiden Ahmadinejad.

Ahmadinejad, yang setiap kali berkunjung ke New York selalu menjadi sasaran kritik karena pernyataan-pernyataan pedasnya tentang Amerika Serikat dan Israel, telah tiba di New York pada Minggu (19/9).

Presiden Obama dan Presiden Ahmadinejad dijadwalkan berpidato pada hari yang sama di Sidang Majelis Umum PBB, yaitu pada Kamis (23/9).

Di KTT MDGs, mereka masing-masing akan menyampaikan pernyataan pada Selasa dan Rabu.

Adapun Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, mendapat kesempatan menyampaikan pidato di KTT MDGs pada Senin dan di SMU-PBB pada Selasa pekan depan (28/9).(Ant/RAS)


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews