Saturday, December 1, 2012

Peringati Hari HIV AIDS Sedunia, Bundaran HI Dipenuhi Aktivis


JAKARTA, Berita HUKUM - Kampanye terbuka guna memperingati hari HIV Aids Sedunia yang jatuh pada hari ini, Sabtu (01/12), sekitar seribuan massa aktivis sosial dari Jaringan Aksi Perubahan Indonesia memenuhi bundaran Hotel Indonesia Jakarta.

Dari awal aksi long march telah terlihat dari arah Dukuh Atas, massa kemudian perlahan menuju dan memutari Bunderan HI untuk selanjutnya melakukan kampenye dan aksi orasi tentang bahaya penyebaran virus epedemi Aids yang meyebar dan mengancam anak bangsa.

Dari para orator menyampaikan bahwa korban yang paling banyak dari perempuan dan anak-anak yang ditularkan langsung dari laki-laki pembeli Sex. Saat ini diperkirakan jumlah korban semakin meningkat jumlahnya, saat ini diperkirakan terdapat 6 sampai 10 juta orang terinveksi HIV di dunia.

Salah seorang peserta aksi Jony Cory mengatakan, dalam keprihatinannya "Saya memperingati hari HIV, turut serta dalam meramaikan kepedulian pada aksi hari ini.”

Salah seorang peserta demo dari rombongan ODHA (Orang Dengan HIV Aids) Santi mengatakan dalam orasinya, "Masih banyak santi-santi lain menjadi korban, saya positif dan korban Virus HIV dari laki-laki pembeli sex dan menularkanya kepada saya," ujar wanita cantik ini.

Indah Wulan dari kementerian pemberdayaan perempuan Deputi PUG Bidang Politik Sosial dan Hukum, yang hadir mewakili Menteri menjelaskan bahwa Kampanye terhadap HIV harus selalu di gaungkan, bukan hanya seremonial aksi setahun sekali, harus terus di upayakan penyadaran dan pencegahan lebih penting, pemerintah mendukung semua upaya dan tindakan dalam pencegahan dan penyebaran Visrus HIV Aids.

Sekitar 11 perwakilan aktivis penggiat sosial provinsi dari Indonesia, bergabung dalam aksi hari ini, sambil mambawa replika boneka bayi dan kereta sorong bayi, ada pula yang membawa kerdanda mayat yang bertuliskan HIV Aids.

Salah seorang wanita peserta aksi Novi dari ODHA terlihat jatuh pingsan dan tak sadarkan diri, dengan sigap ia segera dilarikan oleh sesama rekanya pendemo mengunakan Ambulance ke rumah sakit, wanita yang mengenakan buntalan di perutnya seolah seorang ibu yang jadi korban HIV dan akan menularkan ke anaknya.(bhc/put)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews