Tuesday, November 13, 2012

Pusat Bantu Rp 60 milyar untuk Perbaiki Waduk Benanga yang Retak


SAMARINDA, BeritaHUKUM - Waduk Benanga di Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan waduk pelimpahan air di Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara saat ini sangat memprihatinkan karena ada beberapa titik yang retak sehingga dapat mengakibatkan banjir di Kota. Samarinda yang di kuatirkan curah hujan yang tinggi akan membuat kerusakan tambah parah.

Wahyu Widi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim dalam rapat Acara Penutupan Diskusi Publik Draft 1 Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana Kota Samarinda di Balaikota Samarinda, Senin (12/11), mengatakan Lokakarya Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Kaltim, Kementrian PU Pusat beberapa saat lalu didapati bahwa tanggul pelimpah air waduk Benanga di Kelurahan Lempake Samarinda Utara kini retak, ujar Wahyu.

Wahyu juga menyebut selain keretakan tanggul, di lokasi tersebut juga didapati informasi bahwa, "ada 10 rumah yang diduga akan longsor, mengingat waduk Benanga yang di bangun tahun 1977 ini pernah jebol pada tahun 1998 dan mengakibatkan banjir bandang di Samarinda, dengan luas tangkapan air sekitar 195 km2 maka saat ini kita harus lebih waspada," papar Wahyu Widi.

Untuk penanganan retaknya bangunan pelimpah Waduk Benanga tersebut Pemerinta Pusat mengalokasikan dana Rp 60 Milyar melalui APBN 2012.
"Janji kepala balai sungai Kementrian PU, pusat sudah menyiapkan dana tidak tanggung - tangung, hampir Rp 60 miliar", terang Wahyu lagi.

Sementara Kepala BPBD Samarinda, Dadang Airlangga mengatakan, saat ini sudah ada kajian tekhnis dari Balai Air Kaltim yang mengharuskan segera diambil tindakan. Selain itu, pihaknya juga mengajukan kepada BNPB Provinsi Kaltim untuk dilakukan Siaga Darurat. Sesuai dengan Early Warning System (peringatan dini) Bencana.

"Kita akan bangun turap di 5 titik kemudian perkuatan tebing melalui PU Provinsi. Jadi, hasil kajian teknis selalu ditindaklanjuti di BNPB setelah itu masuk ke BPBD Provinsi, setelah itu masuk ke Departemen PU," pungkas Dadang.(bhc/gaj)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews